Waspada Diare Pada Anak


Diare adalah kondisi yang ditandai dengan meningkatnya frekuensi buang air besar (BAB) menjadi 3 kali atau lebih dalam sehari, dengan tekstur tinja yang lebih cair atau encer. Penyakit ini tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sekalipun bisa saja terkena penyakit ini. Sebagai orang tua, kita pasti khawatir saat anak kita terkena diare. Beberapa orang tua malah bisa langsung panik dan menuding berbagai hal sebagai biang keroknya.

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab anak Anda terkena penyakit diare. Biasanya diare pada anak terjadi karena tubuh si kecil terinfeksi virus, bakteri, atau parasite yang bisa saja terdapat di dalam makanan yang ia makan, atau peralatan pribadi lainnya yang mudah terkontaminasi. Kondisi yang menjadi pemicu utama diare pada anak akibat infeksi ini adalah kebersihan lingkungan dan sanitasi yang buruk. 

Maka dari itu, cegah kasus diare agar anak Anda tetap terhindar dari penyakit diare ini dengan menjaga kebersihan lingkungan, terutama adalah sumber air minum. Lalu ajarkan anak untuk terbiasa mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah buang air kecil atau buang air besar, dan juga setelah memegang benda kotor.

Gejala yang terjadi pada anak yang terinfeksi bisa berbeda-beda. Selain lebih sering BAB dan mencret, diare bisa disertai dengan perut kembung, mual, muntah, demam, nyeri perut, dan lemas. Maka dari itu, agar si kecil tidak terkena dehidrasi saat diare, cukupilah kebutuhan cairan pada tubuh si kecil agar diare yang di deritanya tidak semakin parah. Mulai dari meminum air putih yang banyak, air kelapa, sampai oralit atau cairan campuran gula dan garam. Atau bisa dengan cara lainnya yang dapat Anda lihat di website kesehatan yang banyak terdapat di dunia maya.

Namun, jika kondisi si kecil sudah parah, segeralah hubungi dokter agar tidak memperparah kondisi anak. Biasanya dokter akan memberikan resep obat apa saja yang harus diminum oleh si kecil. Anda juga bisa mendapatkan obat diare di sumber : https://www.goapotik.com/promo/obat-diare-anak-dan-dewasa-dan-obat-sembelit-dan-susah-buang-air-besar.


Belum ada Komentar untuk "Waspada Diare Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel