3 Penyebab Asam Lambung yang Harus Diketahui, Apa Saja?

Penyebab Asam Lambung Naik
 
Penyakit asam lambung merupakan salah satu jenis penyakit yang bukan merupakan suatu penyakit yang baru bagi masyarakat Indonesia. penyakit asam lambung adalah merupakan salah satu gejala yang timbul karena naiknya asam dari lambung yang naik ke kerongkongan dan naik sampai ke mulut. Dan karena asam lambung yang naik inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab munculnya nyeri pada perut dan juga bisa menyebabkan timbulnya rasa panas seperti terbakar pada bagian dada. Tidak hanya itu saja, gejala lain yang muncul adalah seperti perut kembung, mual, susah menelan dan begah.

Asam lambung sudah bisa dikatakan sebagai penyakit yang sudah kronis jika sudah masuk dalam tahap sering kambuh dan kumat yakni lebih dari dua kali dalam seminggu. Dan untuk kondisi yang seperti ini kemudian dikenal dengan istilah GERD. Yakni saat asam lambung naik dan sering kambuh maka jaringan yang bertugas untuk melapisi tenggorokan akan rusak karena sering terpapar cairan asam lambung yang sudah naik tersebut. Dan jika sudah benar-benar rusak maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan rasa tidak nyaman saat tidur, makan atau saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab naiknya asam lambung dan bahkan sampai pada tahap kronis. Dan jika sudah sering kambuh serta sudah masuk dalam tahap kronis maka jika tidak segera mendapatkan pertolongan akan terjadi masalah komplikasi dan menjadi penyakit yang lebih serius. Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa informasi seputar beberapa hal yang menyebabkan asam lambung bisa naik:

- Terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman tidak sehat

Penyebab yang pertama biasanya adalah karena salah mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat. Sebagai contohnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang berkarbonasi seperti minuman yang banyak mengandung soda. Dan inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab naiknya asam lambung dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh. 

- Kebiasaan merokok

Kedua yang menyebabkan asam lambung bisa naik adalah biasanya dikarenakan kebiasaan merokok yang berlebihan. Hal ini dikarenakan di dalam rokok yang memiliki kandungan nikotin ini bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung. Karena produksi asam lambung yang meningkat maka kondisi tubuh nantinya juga akan memburuk dan rasa yang tidak nyaman dan membuat kegiatan sehari-hari menjadi lebih terganggu.

- Olahraga yang terlalu berat

Pada dasarnya olahraga itu memang sangat baik untuk kesehatan tubuh akan tetapi jika olahraga yang dilakukan terlalu berat maka tidak baik juga untuk kesehatan tubuh. Karena olahraga yang terlalu berat bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti asam lambung dan jantung. Untuk penyakit asam lambung karena olahraga yang terlalu berat ini dikarenakan adanya tekanan yang berlebih pada perut sehingga menjadi pemicu asam lambung naik.

Beberapa penyebab asam lambung naik seperti yang sudah disebutkan di atas tadi itu hanya sebagian saja karena masih ada banyak sekali hal lain yang menjadi penyebabnya. Dan yang paling banyak adalah dikarenakan faktor pola makan yang tidak sehat. Jika Anda kebetulan memiliki riwayat sakit asam lambung maka usahakan untuk jaga pola makan, makan yang teratur sedikit saja tidak usah terlalu banyak dan hindari makan yang dekat dengan waktu tidur karena ini sangat memicu asam lambung bisa naik. 

 

Belum ada Komentar untuk "3 Penyebab Asam Lambung yang Harus Diketahui, Apa Saja?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel