Apa Saja Tanda Sinusitis dan Kapan Harus ke Dokter?

Tanda Sinusitis
 
Dalam dunia medis, sinusitis dikenal sebagai rhinosinusitis. Kondisi pada sinus (rongga) ini terjadi ketika rongga hidung terinfeksi, bengkak, dan meradang. Biasanya, gejala sinusitis timbul karena infeksi virus. Namun, tidak menutup kemungkinan bakteri dan jamur juga jadi penyebabnya. Lantas, apa sajakah tanda atau gejala-gejala umum dari penyakit ini? Lalu, kapankah waktu paling tepat buat Anda mengunjungi dokter memanfaatkan Asuransi Kesehatan Allianz Anda? Untuk tahu jawabannya, simak kelanjutan artikel ini, ya. 
 
1. Sakit di bagian sinus (hidung)

Jika Anda memiliki rasa sakit di bagian atas dan bawah mata serta di belakang hidung, bisa saja Anda mengalami infeksi sinus. Peradangan dan pembengkakan menyebabkan sinus Anda sakit dengan tekanan yang tumpul. Anda juga mungkin merasakan sakit di dahi, di kedua sisi hidung, di rahang atas dan gigi, atau di antara mata Anda. Hal inilah kemudian bisa menyebabkan sakit kepala.

2. Hidung tersumbat

Dilansir dari laman Healthline, infeksi sinus mengakibatkan penyumbatan hidung. Efek sampingnya Anda akan kesulitan bernapas. Selain sulit bernapas, kemampuan mencium aroma dan mencecap makanan juga akan menurun.

3. Keluar cairan dari hidung

Berbeda dengan pilek biasa, penderita sinus biasanya mengeluarkan ingus bewarna keruh, hijau, atau kuning bahkan berbau. Kotoran ini berasal dari sinus yang terinfeksi dan mengalir ke saluran hidung.

4. Sakit kepala

Tekanan tanpa henti dan pembengkakan di sinus akan menimbulkan sakit kepala. Nyeri sinus juga dapat menyebabkan sakit telinga, sakit gigi, dan nyeri di rahang dan pipi. Sakit kepala sinus sering kali dirasakan paling parah di pagi hari karena cairan telah terkumpul sepanjang malam.

5. Sakit tenggorokan

Saat cairan dari sinus mengalir ke bagian belakang tenggorokan, iritasi dan sakit tenggorokan akan terasa. Alhasil, Anda bisa mengalami batuk. Kondisi ini terasa semakin parah di pagi hari atau saat Anda bangun tidur. Anda mungkin akan kesulitan tidur karena gejala sinusitis ini. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memposisikan kepala lebih tinggi dari badan saat tidur.

Itu dia kelima tanda umum atau gejala awal sinusitis. Sebagai informasi, sinusitis terbagi ke dalam dua kategori: akut dan kronis. Sinusitis akut biasanya terjadi selama kurang dari empat minggu, sedangkan sinusitis kronis bisa berlangsung selama lebih dari 12 minggu. Lalu, kapankah saat yang tepat untuk konsultasi dengan dokter?Menurut situs Healthline, Anda bisa membuat janji dengan dokter Anda jika Anda mengalami demam, keluar ingus terus menerus, hidung tersumbat, atau nyeri wajah yang berlangsung lebih dari sepuluh hari atau ketika rasa nyeri tersebut terus menerus dirasakan.

Demikianlah ulasan tentang tanda sinusitis serta waktu paling tepat untuk mengunjungi dokter. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

 

Belum ada Komentar untuk "Apa Saja Tanda Sinusitis dan Kapan Harus ke Dokter?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel