Tips Memilih Gitar Akustik bagi Pemula

Gitar Akustik bagi Pemula

Sebagai seorang konsumen yang cerdas, sudah seharusnya kita mengetahui bagaimana cara memilih barang dengan kualitas bagus. Begitu pula jika kita ingin membeli gitar, pilihlah gitar dengan kualitas terbaik sehingga kita tidak menyesal di kemudian hari. Meskipun begitu, bagi seorang pemula yang masih awam dengan gitar, pastinya akan merasa kebingungan untuk menentukan mana gitar yang baik. Nah, jangan khawatir, berikut ini merupakan tips memilih gitar akustik murah berkualitas bagi pemula.

1. Pilih gitar bermerk    

Mengapa disarankan untuk memilih gitar bermerk? Gitar dengan merk ternama diproduksi berdasarkan perhitungan yang presisi di setiap bagian gitar. Dengan demikian suara yang dihasilkan pasti akan merdu, khas, dan tidak buzzing. Beberapa merk gitar yang sudah tidak asing lagi bagi telinga pecinta alat musik misalnya Yamaha, Taylor, Cort, Cowboy, Fender dan lainnya. Silakan pilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

2. Berhati-hatilah dengan gitar KW

Saat mencari gitar bermerk di pasaran, tak jarang Anda menemukan gitar-gitar KW yang menyerupai gitar dari merk ternama. Nah, sebagai pembeli, Anda harus jeli dengan hal ini. Gitar produksi brand ternama misalnya Yamaha Ori biasanya akan terdapat nomor seri di bagian dalam gitar akustik. Bagi Anda yang masih merasa ragu, bisa meminta informasi pada teman yang sudah berpengalaman dengan harga gitar.

Satu hal yang harus diperhatikan, biasanya barang KW akan dipatok dengan harga yang lebih murah dari harga barang original. Namun jika Anda beruntung, banyak juga gitar KW yang memiliki kualitas bagus, baik dari segi suara, bahan serta harganya yang tentunya lebih murah.

3. Sesuaikan dengan budget

Inilah hal yang terpenting. Apabila Anda ingin mencari gitar akustik dengan harga relatif murah di bawah 1 jutaan, maka disarankan untuk membeli gitar ori bertipe murah atau second. Misalnya, Yamaha Akustik F-310 atau Yamaha Klasik C-315 memiliki harga kurang dari 1 jutaan.

4. Model dan bentuk

Selanjutnya, lihatlah model dan bentuk gitar yang ingin Anda pilih. Hal ini tentunya berdasarkan selera Anda sendiri. Anda ingin memiliki gitar dengan bentuk yang seperti apa, warnanya apa sesuai dengan selera Anda. Gitar akustik sendiri memiliki 2 tipe/model yakni nylon string (klasik) dan steel string. Kedua model tersebut memiliki rasa dan suara yang berbeda saat dimainkan sehingga Anda bisa memilih sendiri.

5. Kenyamanan

Tips memilih gitar akustik terakhir adalah nyaman atau tidaknya Anda saat memainkan gitar tersebut. Oleh sebab itu, meskipun harga cukup mahal, memiliki merk yang ternama namun jika Anda merasa tidak nyaman saat memainkannya maka bisa jadi gitar tersebut tidak cocok untuk Anda.

Nah, itulah beberapa tips memilih gitar akustik bagi para pemula yang masih kebingungan untuk membeli gitar berkualitas dan cocok untuk Anda. Semoga bermanfaat dan Anda bisa bermain gitar dengan lancar dan nyaman karena sudah memilih gitar terbaik sesuai dengan diri Anda sendiri.

 

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Gitar Akustik bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel