5 Manfaat Teknologi Internet Untuk Dunia Pendidikan

 

Teknologi Internet
 

Belajar merupakan sebuah perubahan perilaku permanen yang merupakan dampak dari pengalaman yang dialami seorang individu. Pengalaman yang dialami seorang individu bisa secara pribadi atau melalui perantara oranglain ataupun tekhnologi.

Inter Connected Network  atau yang sering kita kenal dengan istilah internet merupakan media yang digunakan untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi. Siapapun dapat menggunakan internet tanpa dibatasi. Bila digunakan secara benar, internet memberikan dampak yang positif namun sebaliknya kalau disalahgunakan internet dapat berdampak negatif. Dunia pendidikan sangat terbantu sekali dengan adanya internet. Tentu saja kalau benar-benar digunakan dengan semestinya. Banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh dunia pendidikan dengan adanya internet ini. Untuk menggunakan nya kita harus membeli paket internet sesuai kebutuhan. Berikut 5 manfaat internet bagi dunia pendidikan :

Mempermudah mendapatkan informasi

Internet memiliki jaringan yang sangat luas bahkan menjangkau semua belahan dunia. Jalannya informasi yang beredar melalui internet sangatlah cepat. Setiap menitnya pastilah banyak informasi baru yang akan tersedia. Dengan cepatnya perjalanan informasi dan jangkauan yang luas dapat mempermudah siswa maupun guru mendapatkan informasi materi pelajaran dan dapat mengikuti perkembangannya dengan mudah tanpa harus menunggu guru menjelaskan atau cetakan buku terbaru.

Sebagai sarana komunikasi 

Bila tengah belajar seorang siswa mengalami kesulitan atau seorang guru ingin  memberikan tambahan materi pada siswa sedangkan mereka sedang tidak bersama, internet dapat membantu menghubungkan antara murid dan guru dengan cepat. Internet menyediakan alat komunikasi berupa email, video, konferensi jarak jauh, forum seperti classroom, dsb. Sehingga proses pembelajarannya dapat berlangsung tanpa kendala.

Sebagai sarana pembelajaran 

Informasi yang terupdate di dalam internet memiliki banyak kategori. Mulai dari pendidikan , politik, ekonomi, hukum, wisata, kuliner, agama, dll. Pada kategori pendidikan yang terupload juga bisa berupa ppt, doc, video maupun flash. Setiap ekstensi ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempermudah pemahaman suatu materi pembelajaran. Sebagai contoh bila siswa lebih mudah belajar dengan poin-poin maka dapat menggunakan ppt sebagai sarana pembelajaran. Bila gaya belajar siswa visual maka dapat menggunakan video maupun flash.

Mendorong kemandirian

Dengan bahan atau informasi yang sudah tersedia lengkap di internet membuat siswa lebih mandiri dapat menyelesaikan suatu permasalahan. Tentusaja dengan pengawasan dari orang dewasa agar internet benar benar bermanfaat secara maksimal bukan merugikan ,terutama bagi kemajuan siswa.

Mendorong kreativitas 

Dengan banyak mengkonsumsi  video kreatifmaupun cerita inspiratif yang tersedia di internet. Kisah-kisah inspiratif maupun video kreatif dapan membantu mendorong kreativitas yang ada dalam diri siswa.

Demikianlah 5 manfaat Internet bagi dunia pendidikan sebagai sarana meningkatkan kualitas pendidikan. Ada  manfaat , maka ada pula dampak negative yang diberikan oleh internet . 

Agar manfaat internet lebih berperan dibandingkan dengan dampak negatifnya, maka disarankan orangtua ataupun guru tetap membatasi dan senantiasa mengawasi putranya ataupun siswanya. rekomendasi untuk paket internet murah sudah banyak provider yang menyediakan nya. Demikian artikel tentang manfaat internet bagi dunia pendidikan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.


Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Teknologi Internet Untuk Dunia Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel