3 Rekomendasi Gaya Renang yang Mudah untuk Dipelajari

3 Rekomendasi Gaya Renang yang Mudah untuk Dipelajari


Renang termasuk salah satu jenis olahraga yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi apakah semua orang bisa melakukan renang? Pada kenyataannya memang tidak semua masyarakat Indonesia bisa berenang. Akan tetapi sebenarnya untuk bisa renang bukanlah merupakan hal yang sulit untuk dipelajari. Ada berbagai macam jenis gaya renang yang bisa dipelajari dengan mudah bagi siapa saja yang ingin belajar berenang untuk pertama kali.

Renang juga merupakan olahraga yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Renang juga merupakan salah satu olahraga yang masuk dalam kompetisi olahraga nasional. Bahkan tidak hanya tingkat nasional saja, ternyata dalam dunia internasional renang juga merupakan salah satu olahraga yang paling dipertimbangkan. Apabila Anda sangat tertarik untuk menjajal olahraga tersebut, tidak perlu bingung karena ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengeluarkan banyak uang karena Anda bisa mencobanya sendiri di rumah bila kebetulan Anda memiliki kolam renang pribadi.

Tidak hanya bisa menyehatkan tubuh, tetapi renang dipercaya mampu untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi postur tubuh yang kurang sempurna. Seperti contohnya adalah saat Anda ingin menambah tinggi badan. Apabila Anda sudah mantap dan ingin mencoba olahraga satu ini, berikut ini adalah beberapa jenis gaya berenang yang bisa dengan mudah Anda pelajari:

1. Gaya Berenang Bebas

Gaya berenang bebas bisa dengan mudah Anda lakukan. Anda bisa bebas menggunakan tangan dan kaki Anda untuk meluncur di air. Akan tetapi Anda juga perlu tahu bahwa meskipun gaya bebas tetapi gaya tersebut masih tetap memiliki aturan yang harus Anda penuhi. Caranya cukup mudah, pertama Anda bisa memposisikan badan Anda di permukaan. Setelah itu ayunkan tangan ke depan dan kaki Anda bisa menendang, jangan lupa gerakan tersebut lakukan menyerupai gunting. Gelengkan kepala ke kanan dan kiri kemudian Anda tarik nafas dengan menggunakan mulut.

2. Gaya Berenang Punggung

Gaya ini merupakan salah satu jenis gaya yang bisa Anda lakukan dengan posisi tubuh yang telentang dengan menghadap ke atas. Untuk posisi punggung Anda berada di air. Untuk gerakan tangan dan kaki Anda bisa menggunakan gaya gerak bebas. Tetapi meskipun menggunakan gaya bebas, tetapi kedua gaya ini sebenarnya memiliki perbedaan. Yakni terletak pada arah gerak yang berlawanan dari gerakan yang ditimbulkan oleh tangan dan kaki.

3. Gaya Berenang Dada

Gaya selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencoba gaya berenang dengan menggunakan dada. Gaya berenang yang menggunakan dada merupakan salah satu teknik renang yang gerakannya sangat menyerupai gerakan katak. Gerakan yang ditimbulkan oleh gaya ini memang lebih lambat bila dibandingkan dengan gerakan di atas. Untuk tekniknya gaya ini menekankan pada kekuatan tangan dan kaki Anda untuk menggerakkan tubuh ke arah depan. Teknik ini memang menghadapkan dada pada permukaan air. Tendangkan kedua kaki ke arah luar dan tangan membuka ke arah samping. Jangan lupa ambil nafas satu sampai dua kali gerakan tangan dan kaki Anda.

Di atas adalah beberapa jenis gaya renang yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan bisa Anda pelajari sendiri di rumah. Tetapi satu hal yang perlu Anda ingat, apabila Anda memang baru pertama kali ingin mencoba renang alangkah lebih baik apabila Anda meminta bantuan dan dampingan orang-orang yang bisa berenang sehingga Anda bisa berenang dengan lebih aman.


Belum ada Komentar untuk "3 Rekomendasi Gaya Renang yang Mudah untuk Dipelajari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel