Tips Melakukan Perawatan Luka Pasca Operasi di Rumah dengan Tepat

Perawatan Luka Pasca Operasi

Ketika baru saja mendapatkan tindakan operasi karena akibat dari gangguan kesehatan pasti akan menimbulkan luka yang muncul dan membutuhkan perawatan yang cukup intensif. Luka pasca operasi tersebut membutuhkan yang namanya perawatan dan perhatian yang lebih karena jika tidak maka bisa jadi nanti akan muncul beberapa masalah kesehatan lain yang mungkin timbul karena luka tersebut. Untuk itu, terkadang ada yang memutuskan untuk menyewa perawat atau tenaga medis lain untuk merawat luka pasca operasi. Namun tidak jarang juga yang melakukannya secara mandiri di rumah. Untuk itu, penting sekali bagi Anda yang mungkin melakukan perawatan luka operasi di rumah secara mandiri untuk memperhatikan beberapa hal supaya tidak ada yang salah. 
 

Memberikan perawatan kepada luka yang timbul pasca operasi itu sangat penting sebagai salah satu tindakan untuk mencegah munculnya infeksi atau bisa juga komplikasi. Perawatan-perawatan tersebut biasanya terdiri dari beberapa tindakan seperti penggantian perban, membuat luka operasi supaya tetap kering dan mencegah jahitan dari bekas operasi supaya tidak robek yang mungkin bisa saja timbul karena suatu tindakan baik yang disengaja atau tidak disengaja. Tidak hanya sebagai tindakan untuk mencegah komplikasi dan infeksi, memberikan perawatan luka operasi yang dilakukan di rumah juga sebagai salah satu tindakan untuk membuat hasil operasi bisa menjadi lebih maksimal karena luka yang timbul juga memberikan efek yang cukup penting bagi keberhasilan tindakan operasi.

Dengan beberapa penjelasan tersebut di atas yang sudah jelas dan sangat kompleks, untuk itu jika misalnya Anda memiliki luka pasca operasi atau mungkin ada anggota keluarga Anda yang memiliki luka sebagai akibat dari adanya tindakan operasi maka jika Anda memutuskan untuk memberikan perawatan di rumah, ada berbagai macam hal yang sangat perlu untuk diperhatikan da nada tips-tipsnya untuk merawat luka tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya:

- Usahakan luka jangan sampai terkena air

Salah satu tips untuk merawat luka pasca operasi di rumah adalah dengan menjaga supaya luka tersebut jangan sampai terkena air. Karena yang namanya luka operasi yang timbul tidak disarankan untuk terkena air dalam jangka waktu 24 jam. Dan untuk membersihkannya usahakan gunakan kain kasa atau mungkin spons yang bersih.

- Ganti perban secara berkala

Tujuan adanya perban adalah sebagai bentuk untuk melindungi luka karena operasi supaya tidak terkena benda lain yang mungkin bisa membuat luka menjadi memburuk. Dengan begitu maka luka bisa segera cepat kering dan bisa sembuh dalam waktu yang lebih cepat. Untuk itu, yang namanya perban tersebut harus diganti secara berkala. Dan usahakan saat mengganti perban tangan dalam keadaan steril yakni sudah cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.

Jadi di atas adalah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan apabila ingin melakukan perawatan luka pasca operasi di rumah secara mandiri. Dengan mengingat bahwa yang namanya luka yang timbul karena bekas operasi yang perlu mendapatkan penanganan yang cukup intensif apalagi jika untuk beberapa penyakit yang cukup kronis seperti misalnya luka operasi karena kanker atau mungkin tumor memang bisa saja Anda lakukan secara mandiri jika Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup mumpuni. Tetapi jika Anda tidak memiliki pengalaman sama sekali, dan mungkin juga ragu untuk melakukannya mandiri maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa tenaga medis untuk merawat luka pasca operasi tersebut.

 

Belum ada Komentar untuk "Tips Melakukan Perawatan Luka Pasca Operasi di Rumah dengan Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel