Begini Cara Membuat Suara Audio Mobil jadi Lebih Berkualitas!

sumber : pinterest.com
Hal yang paling menyenangkan saat di dalam mobil adalah mendengarkan musik. Ini adalah salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan yang melanda ketika sedang berpergian jauh. Selain itu, hal ini juga dapat membuat si pengendara jadi lebih rileks dan tidak cepat mengantuk ketika mengemudi. Namun, banyak kendaraan yang hanya memiliki stereo audio mobil standar dan tidak menunjang. Tak heran jika banyak para pengguna mobil yang sering membeli sebuah perangkat stereo system mobil. Bahkan dengan harga yang sangat mahal sekalipun hanya untuk mendapatkan kualitas suara yang terbaik.
Nah, sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan suara audio mobil yang berkualitas tanpa harus mengeluarkan banyak budget, lho. Penasaran? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!
1. Mengganti Speaker Pada Audio Mobil Standar Milikmu 

Sumber: pinterest.com
Pabrikan kendaraan biasanya memberikan speaker standar yang berguna sebagai pelengkap driver suara pada head unit mobil. Buat kamu yang gemar dengan suara musik yang berkualitas, maka cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengganti speaker standar yang ada di mobilmu dengan aftermarket. Kamu bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda jika memasang perlengkapan speaker set aftermarket.  Bahkan kamu bisa mendengarkan suara vokal yang lebih jelas. Karena speaker aftermarket ini dirancang untuk memberikan kualitas suara yang terbaik dan berkualitas. Oleh sebab itu, mengganti speaker standar dengan yang aftermarket perlu kamu lakukan agar bisa menghasilkan suara yang lebih bagus lagi.
2. Ganti Head Unit Mobil dengan Berbasis Digital 

Sumber: pinterest.com
Head unit mobil berfungsi untuk memainkan sebuah media yang berbasis digital. Head unit ini merupakan kunci dari keseluruhan sumber sinyal suara yang berasal. Meskipun setiap kendaraan sudah dilengkapi dengan perangkat tersebut, tetapi untuk kualitasnya belum tentu bisa menjamin. Maka dari itu, agar kamu bisa mendengarkan suara berkualitas stereo yang bagus kamu perlu mengganti Head unit ini dengan produk dari aftermarket. Produk satu ini pastinya mempunyai fitur yang lebih mumpuni untuk meningkatkan kualitas suara stereo pada mobil yang bermutu.
4. Menambahkan Power Monoblock

Sumber: pinterest.com
Power monoblock ini merupakan salah satu jenis power pada output tunggal utama untuk speaker subwoofer. Kamu bisa menambahkan jenis power ini pada mobil milikmu. Karena power monoblock ini mampu menghasilkan kualitas suara audio mobil yang lebih wow dan setara dengan kualitas kontes. Untuk itu, buat kamu yang ingin memiliki suara audio yang lebih wow kamu juga perlu menambahkan power monoblock satu ini di mobil kamu.
4. Tambahkan Power Ampli

Sumber: pinterest.com
Sebenarnya power amplifier ini tidak terlalu wajib, tapi buat kamu yang ingin memiliki pengalaman audio yang lebih berkualitas. Maka kamu bisa menambahkan alat power ampli satu ini. Alat ini berguna untuk memperkuat sinyal suara yang diberikan head unit yang nantinya akan membagikan sinyal tersebut dengan volume yang bagus kepada setiap komponen yang ada. Amplifier ini juga berfungsi untuk menambahkan daya yang lebih besar pada subwoofer agar dapat bekerja secara maksimal. Hal ini pastinya bisa menunjang kualitas suara yang dihasilkan speaker jadi lebih kuat dan bersih.
5. Menambahkan Subwoofer juga Bisa Membuat Suara Audio Mobil Jadi Berkualitas

 Sumber: pinterest.com
Subwoofer ini merupakan speaker yang dirancang khusus untuk memaksimalkan suara rendah spektrum atau bass. Rasanya kurang lengkap jika tidak ada subwoofer ini, terlebih lagi buat kamu yang gemar dengan musik pop yang bertempo beat. Menambahkan subwoofer pada mobil adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Semakin besar ukuran subwoofer maka semakin besar pula suara bass yang dihasilkannya serta daya amplifier yang diperlukan. Oleh karena itu, power handling pada subwoofer juga harus benar-benar sesuai dengan daya yang dibutuhkan amplifier. Contohnya, power mempunyai daya sebesar 300W, maka power handling pada subwoofer yang dibutuhkan juga harus sama dengannya.
Memiliki kualitas suara audio mobil yang bagus dan berkualitas tentunya menjadi hal yang sangat dinanti-nantikan. Bagaimana tidak? Dengan kualitas suara yang seperti itu pastinya sangat enak untuk didengar dan lebih enjoy, terutama saat sedang berkendara jauh.

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Membuat Suara Audio Mobil jadi Lebih Berkualitas!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel